Pengabdian Pada Masyarakat

Perwujudan karya nyata pengabdian pada masyarakat

Perwujudan karya nyata Pengabdian

Pengabdian Masyarakat

Dr. H. Ade Irawan, M.Si

Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama Pascasarjana Unpas (PPMKS)

Kebijakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan sebagai bentuk pengaplikasian keilmuan kedalam dunia nyata. Bentuk PPPM yang dilaksanakan sampai saat ini masih dalam bentuk penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat dibeberapa tempat. Diharapkan dari kegiatan PPPM tersebut akan memberikan dampak dalam bentuk peningkatan pendapatan masyarakat, pengetahuan, produksi, maupun perilaku ke arah yang yang positif, serta peningkatan pada mutu lingkungan.

Upaya yang dilakukan oleh Pascasarjana Universitas Pasundan dalam kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat mencakup:

  1. Mutu kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan menjaga kualitas kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proposal kegiatan PPPM yang diusulkan.
  2. Relevansi kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat disesuaikan dengan perkembangan keilmuan dan melibatkan semua dosen tetap program Magister serta melibatkan dosen S1 dan S2.
  3. Produktivitas para dosen melalui kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dengan cara memberikan insentif kepada para dosen yang melakukan PPPM.

Keberlanjutan dari kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dengan mengalokasikan dana rutin.

Jumlah Kegiatan PPM

tiga tahun terakhir

Total Biaya Kegiatan PPM

tiga tahun terakhir (Juta Rupiah)